Tuesday 15 August 2017

Review Vaseline Pure Skin Jelly

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Vaseline Pure Skin Jelly
Akhir-akhir ini cuaca di Malang tidak bersahabat banget deh karena sudah masuk musim kemarau. Tapi musim kemarau di Malang jangan dibayangkan yang panas terik seperti di gurun ya karena suhu udara malah cenderung dingin. Lha kok bisa? Iya, memang setiap kali musim kemarau suhu udara pagi dan malam cenderung dingin, banget, dan kalau siang lumayan panas. Biasanya kami sih menyebut keadaan kemarau begini sebagai "mbedinding" yaitu sebutan untuk suhu yang sangat dingin dan kering di musim kemarau. Cuaca kering dan dingin macam begini memang musuh buat kulit saya karena bikin kering sampai bersisik.

Beberapa waktu yang lalu saya sempetin beli Vaseline Pure Skin Jelly buat menangani kasus kulit kering ini. Eh, sudah pada tahu kan sama produk ini? Beberapa orang mengenal Vaseline ini dengan sebutan petroleum jelly, repairing jelly, and so on. Saya sih enggak tahu ya bedanya apa dengan sebutan yang lain, mungkin beda tempat pembuatan kali ya. Eniwei, apakah saya suka dengan Vaseline ini? Let's see the review.

Vaseline Pure Skin Jelly

Kemasan:

Dari segi kemasan, mungkin saya salah satu anti-fans dari kemasan Vaseline ini. Kemasan Vaseline ini berbentuk jar dengan tutup yang cukup rapet. Kenapa saya masuk anti-fans? Karena kalau ambil produk harus di colek-colek. Kalau teman-teman perhatikan, ada yang beda loh kemasan Pure Skin Jelly ini dengan Repairing Jelly yang ada iklannya di TV. Bedanya ada di bagian tutup. Kalau yang Pure Skin Jelly tutupnya bisa dilepas dari jar, tapi yang Repairing jelly versi TV tutupnya semacam fliptop gitu dan enggak bisa dilepas. Saya enggak tahu sih apa ada beda juga dalam segi formulanya.

pretty-moody.blogspot.co.id
Kemasan Vaseline Pure Skin Jelly
Saat masih baru, bagian atas jar-nya ini dilapisi dengan aluminium foil untuk menjaga kebersihan produknya. Tapi, kalau sudah dibuka begini dan dicolak-colek berkali-kali tetap saja menurut saya tetap aja higienitasnya perlu diragukan. Ya, apa boleh buat kalau memang kemasannya begini.

Ingredients:

Untuk urusan ingredients, saya sama sekali enggak tahu ya soalnya lha wong tulisannya aja pakai tulisan Arab semua. Bagian depan belakang  dan semua keterangan kecuali tulisan Vaseline, semuanya dalam huruf Arab. Sampai ada beberapa orang yang menyebut Vaseline ini sebagai Vaseline Arab. Saya sebenarnya ragu untuk pakai produk yang saya enggak bisa baca ingredients dan keterangan lainnya. Berasa buta aja.

pretty-moody.blogspot.co.id
Ingredients Vaseline Pure Skin Jelly
Tekstur dan performa:

Tekstur Vaseline Pure Skin Jelly ini sangat-sangat kental atau thick dan warnaya bening semacam jelly. Bahkan sampai dicolek pun susah. Mungkin kalau kemasannya tube pasti lebih mudah ambil produk, tidak perlu colak-colek. Kalau colak-colek Vaseline ini, produknya bisa masuk ke dalam kuku. Kan EEWW. Tapi memang fungsi utama Vaselin ini untuk memberikan kelembaban ekstra, jadi ya memang harus krim yang kental. Kata saya sih teksturnya lebih mirip kaya salep, dari pada pelembab.

pretty-moody.blogspot.co.id
Tekstur Vaseline Pure Skin Jelly
Selain tekstur yang kental, Vaseline ini juga bening tanpa warna. Kalau dioles dan meresap ke kulit hanya terlihat berkilau. Tapi menurut saya, Vaseline ini greasy atau berminyak banget dan agak lama meresapnya. Jadi, sensasi lembut yang ditinggalkan ya karena efek greasy-nya itu. Kalau saya sih suka pelembab yang lembut tapi enggak greasy. Kalau Vaseline ini cenderung lengket setelah dioles ke kulit. Rasa lembab yang diberikan Vaseline ini tidak seperti lembab yang kenyal like a baby skin (apa sih bahasanya), tapi lembabnya karena kandungan minyak itu. You know what I mean? Bahkan ada yang bilang kalau Vaseline ini mengunci kelembaban kulit, jadi kulit tidak bisa menerima kelembaban serta nutrisi dari sumber lain.

Yang saya suka dari Vaseline ini adalah tanpa pewangi, jadi, meskipun teksturnya mirip salep tapi enggak ada bau aneh-aneh.

Penggunaan:

Vaselin Pure Skin Jelly ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan kulit kering hingga katanya, memanjangkan bulu mata. Bahkan untuk kulit pecah-pecah ekstrim seperti tumit dan siku yang kering juga ampuh banget. Selain itu, banyak orang yang menggunakan vaseline ini untuk scrub bibir yang pecah-pecah hingga mengatasi ruam popok pada adek bayi. Kalau di Googling yah, banyak banget kegunaan si Vaseline ini termasuk buat resep kosmetik DIY. Ada yang pernah coba? Saya sih masih sebatas untuk mengatasi kulit kering saja.

Pro kontra Vaseline

Vaselin Pure Skin Jelly atau apalah namanya, pada dasarnya terbuat dari petrolatum atau mineral oil. Nah, karena mengandung mineral oil ini, mungkin ada beberapa orang dengan kulit sensitif akan mengalami break out karena menggunakan produk ini. Coba deh lihat lagi, bagi teman-teman yang kulitnya rawan break out biasanya menghindari produk kosmetik yang menggunakan mineral oil. Hal ini karena mineral oil, dengan sifatnya yang greasy dan berminyak itu akan malah menyebabkan kuman dna bakteri menempel di kulit ataupun menghalangi kulit untuk bernafas. Sehingga terjadilah break out. Tapi, saya juga belum pernah pakai Vaseline ini untuk wajah ataupun bibir sih, jadi belum tahu reaksinya dan jujur saya takut kena break out juga.

Selain itu, saya juga khawatir tentang keaslian Vaseline ini. Katanya sih banyak beredar Vaseline petroleum jelly yang palsu. Tapi saya sendiri juga enggak tahu bedanya mana yang asli dan palsu. Saya beli Vaseline ini di toko kosmetik besar dengan harga 36 ribu rupiah saja. Padahal kalau produk Vaseline yang hand and body lotion kan harganya cukup mahal-mahal. Nah, yang ini kenapa murah yak? Atau memang harganya segitu. Disamping harganya, label Vaseline ini full dengan bahasa Arab bahkan keterangan produksinya juga. Mungkin lain kali saya beli yang versi Repairing jelly aja deh.

Overall, saya suka dengan Vaseline Pure Skin Jelly ini karena ampuh buat tumit pecah-pecah. Tapi kalau untuk kulit dan wajah, saya enggak terlalu suka karena efek greasy-nya kenceng banget. Apa kalian pernah pakai Vaselin ini? Share pengalamanmu ya.

See you in the next post.


6 comments:

  1. Wah ada pure jg ya produk dr vaseline kalo aku coba ny yg repairing mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Siti, kayaknya itu produk yang sama deh cuma beda negara produksinya aja.

      Delete
  2. Aku pake ini utk ngatasin kulit kering wktu umroh. Sampe skg pun ttp make krn bermanfaat banget terutama buat dioles ke alis, dirapihin.. Jadi lbh mengkilat dan tebal aja perasaan..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah hampir enggak pernah lagi pakai ini soalnya enggak cocok sama petroleum oil. Lebih enak pakai aloe vera gel.

      Delete
  3. Katanya untuk ngebedain mana yang asli dan mana yang palsu itu dari aromanya aja. Kalau yang asli itu gak ada aromanya karena emang asli dari mineral oil. Sedangkan yang palsu itu ada aroma wangi-wanginya gitu karena ada tambahan parfume nya. Terus gak ada beda manfaat meskipun namanya beda. Seperti pure skin jelly, repairing jelly, atau petroleum jelly. Itu tergantung negara pembuatnya aja. kurang lebih itu sih yang saya tahu hehe

    ReplyDelete
  4. Aku juga pakek kok untuk bulu mata dan alis eikeh.... Bibir juga terkadang saya pakek

    ReplyDelete