Thursday 1 February 2018

Review Mineral Botanica All in One Aloe Vera

Mineral Botanica, Aloe Vera, Aloe Vera Gel,
Review Mineral Botanica Aloe Vera Gel
It's like a decade since the last post, right? Well, memang bulan Desember sampai awal Januari, jadwal saya cukup pada merayap sampai sempet sakit juga. Tapi, sekarang saya sempet-sempetin lah update post. Kalau kelamaan enggak update, blog ini keburu karatan lagi.

Eniwei, selama jadwal padat merayap kemarin, saya seperti enggak sempat untuk pakai skin care secara baik dan benar. Rasanya tiap malam tuh maunya langsung bobo aja, enggak pakai yang ribet-ribet. Tapi, tetap saja malas pakai skin care akhirnya berimbas pada kesehatan kulit. Hasilnya selama satu bulan lebih saya tidak konsisten pakai skin care kulit saya kembali kering mengelupas dan kusam. Saya rasa kulit saya bertambah tua beberapa tahun dari usia yang sebenarnya.

Terus saya iseng-iseng lihat video kak Suhay Salim yang tentang skincare routine and I am curious why she loves Aloe Vera Gel so much. Jadilah saya terpancing juga pengen beli Aloe Vera gel. Tapi saya masih enggak mau beli yang merek Korea gitu karena enggak yakin aja bakalan cocok sama kulit. Kan syedih banget kalau sudah beli mahal tapi ternyata enggak cocok sama kulit. Akhirnya, saya searching Aloe Vera gel dari merek lokal dan jatuh hati sama si Mineral Botanica ini. Mau tau kenapa saya jatuh cinta sama Mica Aloe Vera gel ini? yuk ah lanjut baca.

Mineral Botanica All in One Aloe Vera Gel

Kemasan:

Jatuh cinta pada pandangan pertama. Ecie. Tapi jujur, saya memilih Mica Aloe Vera ini karena kemasannya. Desain kemasan Mica Aloe Vera ini sederhana tapi enggak terkesan murahan dengan gambar Aloe Vera dan deskripsi produk. Kebanyakan produk Aloe Vera biasanya tersedia dalam kemasan Jar yang menurut saya kurang higienis dan tidak travel-friendly. Meskipun biasanya saya kurang suka dengan kemasan tube dengan tutup flip top gini, tapi kemasan ini tentu saja lebih baik dari Jar besar. Yang saya suka lagi dari Mica Aloe Vera ini adalah terbuat dari plastik dengan finishing doff dan tentu saja kemasannya bisa didaur ulang.

Selain itu tidak ada box atau kardus pembungkus, hanya segel plastik tipis untuk memastikan kalau produk masih baru dan belum pernah dibuka. Bukan masalah berarti sih, toh nantinya box juga akan dibuangkan?

Baca juga: Kegunaan Mineral Botanica Face Mist

Sebenarnya Mica Aloe Vera ini tersedia dalam dua pilihan kemasan, yaitu kemasan tube 100 ml dan jar 200 ml. Kemasan tube tentu lebih praktis untuk dibawa travelling dan lebih higienis. Tapi, karena tutupnya flip top, gel aloe veranya rawan tumpah. Bahkan pertama kali dibuka tuh langsung aja meluber isinya. Kalau dibawa travelling juga harus extra hati-hati, jangan sampai kepencet dan meluber kemana-mana.

Mineral Botanica, Aloe Vera, Aloe Vera Gel
Review Mineral Botanica Aloe Vera Gel
Kegunaan:

Aloe Vera sudah sejak lama digunakan untuk berbagai kebutuhan di dunia kecantikan. Mulai dari menumbuhkan rambut hingga masker untuk melembabkan wajah. Semua pasti sudah tahu kalau tanaman ini banyak sekali kegunaannya, bahkan untuk dimakan juga bisa kalau fresh. Nah, kalau Mica Aloe Vera ini khusus untuk kecantikan ya. Berikut ini beberapa kegunaan Mica Aloe Vera.

  • melembabkan dan menutrisi kulit wajah dan seluruh tubuh
  • bisa digunakan sebagai base makeup
  • merawat kuku yang kering dan kusam
  • mengurangi efek iritasi akibat cukur atau wax
  • menyegarkan kulit kering
  • mengurangi rasa panas karena sinar matahari atau sunburn
Mineral Botanica, Aloe Vera, Aloe Vera Gel
Review Mineral Botanica Aloe Vera Gel
Cara Penggunaan:

Cara penggunaan Mica Aloe Vera ini juga gampil alias gampang banget. Cukup ambil secuil gelnya, kemudian oles di daerah yang diinginkan seperti wajah, kuku, siku, dan lainnya. Kalau untuk base makeup, saya pakainya setelah penggunaan toner. Setelah apply aloe vera ini saya tiban pakai sun screen dan lanjut foundi atau BB Cream. Tapi untuk setiap produk beri jeda waktu beberapa menit ya.

Baca juga: Review Skin Aqua Suncreen SPF 25++

Ingredients:

Bahan utama Mica Aloe Vera ini adalah air dan daun lidah buaya. Satu hal yang membuat saya cukup takjub dengan produk ini adalah tidak mengandung paraben. Saya rasa produsen kosmetik lokal sekarang sudah mulai aware untuk mengurangi atau tidak menggunakan paraben dalam produk mereka. Memang sih, tidak bisa drastis langsung dihilangkan, but at least, this is a good step. Good job Mica. Buat teman-teman yang concern dengan kandungan paraben dalam kosmetik, I think this is the right one for you. 

Namun, ada satu poin lagi yang mungkin juga menjadi pertimbangan adalah produk ini masih mengandung alkohol. Mungkin penggunaan alkohol disini untuk memberi cooling effect-nya. Tapi tetap saja mungkin ada teman-teman yang alergi dengan alkohol dalam kosmetik atau memang menghindarinya karena alasan tertentu.

Mineral Botanica, Aloe Vera, Aloe Vera Gel
Review Mineral Botanica Aloe Vera Gel
Selain itu, yang menjadi pertimbangan lain adalah kandungan fragrance atau parfum. Memang sih kosmetik dan skin care tanpa parfum di Indonesia masih cukup jarang ditemui, but if you have been following this blog since the first time, pasti sudah paham kalau saya agak gimana gitu sama kosmetik dan skin care ber-fragrance. Sebagian besar orang cukup suka dengan parfum dalam skin care dan kosmetik, but I am not one of them. Hal ini karena parfum dalam skin care atau kosmetik bisa menjadi pemicu iritasi. Selain itu aroma parfum yang lumayan kenceng cepat membuat kepala pusing euy kayak gajian abis diawal bulan.

Untungnya nih, aroma Mica Aloe Vera ini masih bisa ditoleransi. Aromanya floral yang manis dan seger banget. Kalau dipakai setelah mandi akan kentara sekali kalau memang sudah mandi karena wanginya seger. Dan setelah produk menyerap dikulit, wanginya juga ikutan hilang, jadi tidak perlu khawatir. Pastinya, tidak menimbulkan iritasi pada kulit.

Baca juga: Review Mineral Botanica Brush Set

Tekstur dan performa:

Kalau saya lihat Aloe Vera gel yang merk Korea itu warnanya seperti kehijauan atau karena efek toples yang berwarna hijau, ya? Eniwei, saya sempet beranggapan kalau Mica ini juga akan berwarna kehijauan seperti daun lidah buaya asli gitu. Tapi, ternyata saya yang kurang cerdas karena ini kan gel aloe vera bukan daun aloe vera, ya jelaslah warnanya putih bukan hijau. Yes, Aloe Vera gel ini berwarna bening dengan tekstur yang runny, yaitu lebih kental dari air tapi juga tidak sepekat cream. Jadi ketika tutup kemasan dibuka, gel-nya akan keluar sendiri bahkan tanpa dipencet. Saya bahkan sempat meluber banyak saat membuka segel pertama kali.

Mineral Botanica, Aloe Vera Gel, Aloe Vera
Review Mineral Botanica Aloe Vera Gel
Karena memang bahan utamanya air dan ekstrak lidah buaya, produk ini jadi cepat meresap dikulit setelah beberapa menit penggunaan. Setelah produk meresap, juga tidak meninggalkan kesan oily atau greasy gitu. Tapi membuat kulit kenyal dan lembut tapi tidak lengket. Jujur sih, saya lebih suka pakai aloe vera ini untuk melembabkan bagian tubuh yang keringnya kebangetan daripada pakai produk pelembab yang berbahan dasar mineral oil. Produk yang mengandung mineral oil itu menurut saya membuat kulit sangat sangat greasy dan lengket.

Untuk pemakaian siang hari, saya pakainya tipis-tipis aja karena nanti kan masih akan ditimpa pakai produk lain seperti sunscreen dan BB Cream. Kalau kebanyakan, wajah terlihat terlalu dewy banget banget. Kalau untuk malam hari saya pakainya setelah krim malam, seperti pakai sleeping pack gitu dan pemakaiannya cukup banyak. Pagi harinya kulit wajah jadi lembut, kenyal, dan glowing banget. Senengnya lagi, setelah hampir 2 minggu pemkaian, wajah tidak breakout, jerawatan, atau apalah itu. Jerawat tetep muncul sih tapi karena mau period aja. Malahan bruntusan di wajah yang kecil juga ikutan minggat.

Baca juga: Review Pixy White Aqua Night Gel Cream

What I like about this product?

Overall, saya suka dengan Mica Aloe vera Gel ini. Kemasan bagus, tekstur pas, harga bersahabat, dan juga bisa dibeli tanpa harus Pre-Order. Kalau ada yang penasaran harga Aloe Vera gel ini, harganya sekitar 46 ribu untuk kemasan 100 ml dan sekitar 80 ribu untuk kemasan 200 ml. Harga yang jauh lebih murah dari Aloe Vera merk Korea, kan?

Satu hal lagi yang juga saya suka dari produk ini adalah cruelty free, yaitu, Mica Aloe Vera ini tidak diujicobakan pada hewan. Sepertinya produk lokal yang mengusung cruelty free masih sedikit, tapi kita harus concern dengan poin ini. Jangan sampai upaya kita untuk tampil cantik malah menyakiti hewan-hewan yang tidak berdosa.

Mineral Botanica, Aloe Vera, Aloe Vera Gel
Review Mineral Botanica Aloe Vera Gel
Selain itu, produk ini juga menyertakan PAO atau produk after open, yaitu Aloe Vera ini baik digunakan 12 bulan atau 12M setelah kemasan dibuka. Jadi kalau sudah lebih dari itu, meski tanggal kadaluarsa masih lama, sebaiknya jangan digunakan ya. Satu lagi poin plus untuk si Mica Aloe Vera gel ini adalah kemasan yang recycle-able. Artinya, plastik yang digunakan ini bisa didaur ulang agar tidak mencemari lingkungan. To sum up, this product is good for you, for the animals,and the universe. Isn't it a good thing?

 Sekian post kali ini. Jangan lupa komen ya apakah kalian sudah coba Aloe Vera Mica ini. See you in the next post.

27 comments:

  1. mbak pernah coba aloenya Wardah? kalau pernah kapan-kapan boleh dong bikin perbandingannya hihihi :D


    www.isthiud.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Isthi,

      Wah sayangnya saya belum pernah coba aloe wardahnya. Jadi gak bisa bikin perbandingannya.

      Delete
  2. Halo mba, mba belinya di mana? Aku udh cari cari belom dapat

    hdytlina.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. buat yang aloe vera merk korea sama kok semuanya bening, ijo cuma efek botol aja kak hehehe :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan karena efek botol aja ternyata isinya sama.. hehehe

      Delete
  4. Saya pakai merek korea, belum nyobain yang lokal jadi belum bisa membandingkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Mbak Swastikha, Saya takut enggak cocok pakai merk korea. Enggak cocok dikulit sama enggak cocok di kantong. hahahah

      Delete
  5. Aku suka banget aloevera gel, sampe coba beberapa brand korea, mungkin bulan depan mau cobain dari MiCa. Di guardian kira - kira ada gak ya?

    www.hdytlinna.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya MiCa ini termasuk lengkap produknya. Coba lihat di websitenya MiCa.

      Delete
  6. Aku suka banget aloevera gel, sampe coba beberapa brand korea, mungkin bulan depan mau cobain dari MiCa. Di guardian kira - kira ada gak ya?

    www.hdytlinna.blogspot.com

    ReplyDelete
  7. Aku udah nyobain aloe vera gelnya wardah & juga mica, kalo disuruh milih aku lebih menjagokan brand mineral botanica.

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku belum pernah coba yang wardah, tapi sudah terlanjur cocok sama Mica.

      Delete
  8. mb...ini bs kaya face primer gtu yah..dipakai setelah daycream..?

    ReplyDelete
  9. Hi sis, bisa di bandingin sama ORIÉL Soothing Gel ga? Aku penasaran sama merk itu. Itu jg merek lokal dan baru yang lmyn banyak di review selebgram2 jg. Harganya lmyn mahal sih 225rb untuk 30ml..

    Tapi dari segi review kayanya worthed deh sampe ada bbrp selebgram yang nge review berkali2 tiap hari ga mungkin di endorse tiap hari kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk ORIEL ya? Wah aku malah belum pernah dengan merk itu..

      Delete
  10. Semoga jodoh dikulit...ini saya tes pake mica aloe vera gel...

    ReplyDelete
  11. Kak itukan tulisannya buar iritasi akibat cukur, klo buat iritasi d ujunh hidung kanan kiri karena krim dokter bjsa ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebaiknya konsultasi dulu ke dokternya untuk meminimalisir kemungkinan iritasi/gak cocok.

      Delete
  12. Wah baru tau nih btw minta follback blog ya mba

    ReplyDelete
  13. Mba next time review skincare yg cocok untuk kulit sensitif,komedo dan pori(:

    ReplyDelete
  14. Dimana dapat ditemukan produk ini mbak? Apakah di supermarket bisa? Kayak maju bersama, berastagi, atau suzuya gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ditoko kosmetik ada, counternya Mineral Botanica. Atau online di web mineral botanica

      Delete
  15. Mica aloe vera inu boleh digunakan di sekitar mata gak mba?

    ReplyDelete