Sunday 8 April 2018

Get Your Skin Protected: Review Emina Sun Protection SPF 30 PA++


Sebagai seorang yang suka dengan matahari (bukan department store ya), bagi saya sunscreen bukanlah skincare yang bisa ditawar. Dalam kitab kecantikan saya, hukum pakai sunscreen itu adalah wajib a'in. Meskipun banyak pelembab atau BB cream yang mengandung SPF tapi menurut saya proteksi yang diberikan kurang dan lebih marem kalau pakai sunscreen secara terpisah.

Penggunaan susncreen itu sangat penting ya teman-teman bahkan bila kita hanya beraktfitas di dalam ruangan saja. Selain itu, penggunaan sunscreen juga harus sesuai dengan aturan dan diulang pemakaiannya setiap 2-3 jam sekali dan setelah kontak dengan air.

Sunscreen Emina ini baru saya beli sekitar satu bulan yang lalu karena sunscreen andalan saya ternyata kadaluarsa. Awalnya bukan bermaksud gonta-ganti sunscreen, hanya saja saya galau dengan kandungan Hyaluronic Acid pada sunscreen saya itu seperti yang saya ceritakan dipost sebelumnya. Jadilah, saya bungkus si Emina ini karena tidak mengandung Hyaluronic Acid.

Kenapa Saya Memilih Emina Sunscreen?

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Emina Sunscreen SPF 30
Kalau teman-teman mengikuti blog saya dari awal, saya adalah penggemar kosmetik dalam negeri. Saya tahu banyak skin care dan makeup import yang bagus, tapi saya lebih marem kalau pakai produk yang bisa saya pahami dari segi keamanan dan juga kehalalan-nya. Termasuk harganya juga sih. 

Saya percaya banyak produk kosmetik dan skin care dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dengan yang import seperti si Emina ini. Kenapa Emina ini tergolong bagus: 
  • Produk sunscreen lokal termasuk cukup langka. Tidak semua produsen kosmetik dan skincare mempunyai produk skincare murni. Kalaupun ada biasanya dicampur dengan pelembab atau BB Cream. But, that is not what I want. 
  • Perlindungan SPF 30 PA+++ untuk pelindungan terhadap UVA dan UVB. Saya termasuk yang sensitif dengan kandungan SPF tinggi. Jadi saya memilih sunscreen dengan SPF yang sedang saja namun dengan pemakaian yang rutin. 
  • Harganya bikin pingsan. Bukan karena mahal tapi karena kelewab bersahabat sama dompet. 

Ingredients:

Dalam jagad per-sunscreen-an, dibagi menjadi beberapa jenis seperti sunscreen chemical/organic dan physical sunscreen. Sunscreen Emina ini tergolong dalam sunscreen chemical atau organic dimana produk ini menggunakan bahan berbasis karbon atau organic sebagai filter-nya terhadap sinar UV. Sunscreen chemical atau organic bersifat menyerap sinar UV dan kemudian mengubahnya menjadi energi panas. Bahan-bahan yang dikategorikan sebagai filters organic di sunscreen ini adalah Ethylhexyl Methoxycinnamate dan Diethylamino Hydroxylbenzoyl Hexyl Benzoate. 

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Emina Sunscreen SPF 30
Selain komposisi untuk sunscreen filter-nya, kandungan utama dalam produk ini adalah air. You know how I love water-based skincare. Sayangnya, produk ini masih mengandung alkohol dalam bentuk Ethanol dan Polyvinyl Alcohol. Kalau kamu tipe yang tidak bersahabat dengan alkohol dalam skincare, you might want to reconsider this product. Selain alkohol, sangat disayangkan juga karena produk ini masih mengandung fragrance. Pasti akan lebih paripurna lagi kalau tidak menggunakan parfum. 

Kemasan:

Kemasan sunscreen ini sangat amat mainstream, yaitu bentuk tube dangan tutup fliptop. I know, I am not a fan of the packaging. Untungnya tutup fliptop-nya cukup rapet untuk dibawa-bawa. Tapi, bagian tube-nya yang berwarna putih ini cepet banget kotor. Kalau dibawa travelling pasti terkontaminasi dengan debu-debu yang ada di tas. Punya saya aja sudah ada beberapa spot hitam-hitam tanpa tahu sebabnya dari mana. 

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Emina Sunscreen SPF 30
Secara umum sih, kemasan Emina sunscreen ini tergolong unyu-unyu dengan perpaduan warna putih, orange, dan abu-abu. Produk-produk Emina memang ditujukan untuk teenage ya, jadi memang desain kemasan dibuat unyu dan ceria. 

Saat baru beli, produk ini tidak dilengkapi dengan segel atau box, tapi bagian dalam lubangnya dilapisi dengan alumunium foil. Jadi, higienitas Emina Sunscreen ini tetap terjaga hingga sampai ke tangan kamu. 

Perfoma, Aroma, dan Tekstur:

Awalnya saya pikir tekstur Emina sunscreen ini bakalan thick dan kental yang bakalan berat saat dipakai. Eh, tapi saya salah sodara-sodara. Sunscreen ini memang bertekstur cream tapi tidak terlalu kental dan mudah banget rata dengan kulit. Dengan tekstur yang creamy tapi ringan, sunscreen ini masih tergolong cepat kering saat di aplikasikan (mungkin karena kandungan ethanol) dan juga ada sedikit rasa hangat yang kemungkinan berasal dari filters chemicalnya. 

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Emina Sunscreen SPF 30
Yang saya khawatirkan saat akan ganti sunscreen adalah rasa lengket atau berat. Tapi, nyatanya Emina ini tidak berat dan juga tidak lengket. Memang memberikan rasa lembab tapi bukan lengket dan ada rasa halus dikulit. 

Tipe sunscreen chemical atau organic biasanya tidak menimbulkan whitecast. Hasil penggunaan sunscreen ini lebih ke arah transparan di kulit. Emina sunscreen tidak meninggalkan whitecast karena sinar UV-nya diserap bukan dipantulkan. Tapi, karena sinar UV yang diserap ini, kalau terlalu lama terpapar sinar matahari secara langsung kulit akan tetap menjadi gelap dan bahkan sunburn. 


Seperti yang saya ceritakan di post sebelumnya kalau saya sempat kena sunburn saat perjalanan ke Blitar. Nah, saat itu adalah masa perdana saya mencoba sunscreen Emina ini dan saya juga menggunakan masker untuk proteksi ekstra. Perjalanannya memang tidak lama, tapi saat itu matahari memang sedang terik banget sekitar jam 11-12 siang. Kebayangkan betapa panasnya jalanan pada jam-jam itu. 

Sunscreen Emina ini menurut saya bagus, tapi sebaiknya digunakan untuk kegiatan dalam ruangan. Kalaupun kegiatan luar ruangan dalam waktu yang singkat dan tidak dibawah paparan sinar matahari yang sedang sangat terik. Kalau matahari sedang ganas, kulit tetap saja terbakar dan menggelap. Btw, saya butuh sekitar 3 minggu untuk mengembalikan warna kulit wajah ke semula dan butuh banyak-banyak aloe vera gel untuk mengurangi rasa panas, merah, dan kering karena sunburn. Percayalah, saya tidak keluar rumah selama dua hari karena wajah saya semerah kepiting rebus. 


Dari segi aroma, saya rasa tidak terlalu exciting banget. Campuran aroma jeruk dan floral cukup bersahabat dengan hidung. Setelah diaplikasikan, aromanya juga akan menjadi samar. So, no big deal. Tapi saya tetap prefer skincare yang perfume-less. 

Overall, sunscreen Emina ini cocok banget buat kamu yang suka dengan sunscreen ringan, transparan, dan tidak berat. Selain itu, penggunaan sunscreen ini juga sebaiknya terbatas pada kegiatan indoor dan kalaupun outdoor jangan terpapar sinar matahari secara ekstrem. Memang bukan favorit saya karena mengandung parfum dan alkohol, tapi kualitas dan harga yang ditawarkan cukup masuk akal. Jadi, masih akan saya pakai sampai habis. 

Apakah kamu pernah mencoba Emina Sunscreen SPF 30 PA +++? Kalau iya, bagikan pengalaman kamu di kolom komen ya. Oh, ya kalau kamu punya sunscreen favorit jangan lupa share juga ya. Siapa tahu saya juga kepincut dengan sunscreen favorit kamu. 

See you on the next post. 




20 comments:

  1. Aku udah habisin sunscreen emina berapa tube ya? Hahaha, lupa saking sukanya XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk sunscreen lokal memang Emina ini masih juara ya..

      Delete
  2. Ini sunscreen lokal juara kesukaan aku 💋💋

    svnnyms.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, Sani

      Wah banyak yang suka juga ya sama Emina sunscreen.

      Delete
  3. Demi apa ngga ada whitecas *shock*
    Aku kira bakal ninggalin whitecast gitu, soalnya kan brand lokal kan rata-rata gitu hhuhuhu
    btw, nice review :)

    talkingwithbeki.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Bethari,

      Kalau emina ini hasilnya transparan, hampir mirip sama Skin Aqua.

      Delete
  4. Replies
    1. Wah, banyak yang sudah pakai Emina ini, Berarti aku yang ketinggalan jaman nih.

      Delete
  5. Setuju banget sama paragraf pertama hahaha,bahkan aku rela nggak pakai gincu asal tetep pakai sunblock 😂

    southskin.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. Aku lg nyari sunscreen nih mbak, kmrn udh liat ini di guardian tp blm aku ambil, masih galau hahaha

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak-banyak semedi dulu lah buat milih mana yang terbaik. Heheheh

      Delete
  7. Jadi tertarik pengen coba ini juga, nanti kalau sunscreen-ku abis mau cobain ah. Aku lagi cari alternatif Skin Aqua yang susah dicari nih soalnya :(

    ReplyDelete
  8. Aku baru 2 mingguan pakai emina. Awalnya bruntusan tapi lama-lama nggak. Asyik nemu suncreen murah yang cocok

    ReplyDelete
  9. Aku uda cobain emina dan kapan hari jerawatan trs kena matahari malah rasanya cekit2 lalu membesar. Buat kulit oily acne prone baiknya pakai physical spf merek apa kak? Yg lokal gitu.

    ReplyDelete
  10. Kak kan sunscreen emina mengandung etanol? Emang ga bahaya ya ke kulit wajah kita kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kecocokan kulit masing-masing. Di coba dulu aja.

      Delete