Thursday 19 April 2018

Review Mineral Botanica Charcoal Peel Off Mask - Sapu Bersih Komedo

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Mineral Botanica Charcoal Activated Masque
Apa sih yang ada dipikiran kalian saat dengar kata charcoal?

Kalau yang kamu pikirkan adalah arang sate, berarti kita satu aliran. Charcoal memang kalau diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti arang. Tapi, kalau activated charcoal untuk kosmetik yang digunakan jelas bukan arang sate. Activated charcoal ini memang sedang jadi trend untuk produk kecantikan seperti sabun wajah hingga masker, for good reason.

Sebelum ini, saya belum pernah sama sekali mencoba skincare ataupun kosmetik yang berbahan charcoal. Rasanya memang kayak agak gimana gitu karena warnanya hitam. Tapi anehnya saya malah suka dengan Mineral Botanica activated charcoal peel off mask ini. Mau tahu kenapa saya suka?

Baca juga: Review Sariayu Breast Firming Oil.

Mineral Botanica Activated Charcoal Peel Off Masque

Mungkin saya adalah salah satu dari jutaan insan yang gemar pakai masker. Mau masker kemasan hingga masker DIY pun saya doyan pakai. Tapi yang lagi demen-demennya saya pakai adalah masker peel off karena saya suka sensasi ngelentek-in masker. -pardon the language- Perpaduan antara activated charcoal sebagai peel off mask memang tidak pernah keliru.

Claim:

Add caption
Saya enggak tahu dengan produk lain yang serupa dengan ini, tapi Mineral Botanica Activated Charcoal Peel Off Mask ini mempunyai beberapa claim:
  • Remove embedded dirty. Penambahan arang aktif pada masker ini untuk membersihkan wajah dari kotran yang mengendap termasuk residu makeup yang kadang tidak bisa hilang dengan sabun wajah. 
  • Easy peel off and dries quickly. Tipe masker yang seperti ini saya rasa memang cukup cepat kering ya dan juga gampang banget saat peel off. 
  • Mengandung Allantoin, licorice extract, dan Adansonia extract. Penambahan Allantoin digunakan untuk mencerahkan wajah sedangkan Adansonia extract digunakan untuk melembabkan wajah. Kombinasi ketiga komposisinya bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan memberantas komedo saat masker diangkat. 
  • Harganya sangat masuk akal. 

Kemasan:

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Mineral Botanica Charcoal Activated Masque
Dari segi kemasan, tidak ada yang bisa dibicarakan lebih lanjut karena kemasannya standard banget, yaitu tube berwarna hijau dengan tutup fliptop. Saat pertama membeli juga tidak dilengkapi dengan box tapi produknya sendiri dibungkus dengan plastic seal. 

Permasalahan dengan tutup mode flip top begini adalah setelah digunakan beberapa kali, produk atau masker gel-nya akan 'mengupil' atau menumpuk di bagian lubang tutup. Kalau sudah begini, lama-lama produk akan mengering dan tutupnya susah dibuka kayak di lem gitu. Kezel kan. Jadi, setiap setelah pemakaian harus rajin-rajin dibersihkan sisa produk yang meluber di bagian tutupnya.

Baca juga: Review Pixy Bold to Last Eyeliner Gel

Ingredients: 

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Mineral Botanica Charcoal Activated Masque
Selain komposisi yang sudah saya sebutkan diatas, masker Mineral Botanica ini masih mengandung alkohol dan fragrance atau parfum. Beberapa produk Mineral Botanica memang masih mengandung alkohol seperti Aloe Vera Gel-nya. Kalau kamu kebetulan menghindari produk yang mengandung alkohol atau alergi, mungkin kamu perlu mencari alternatif lain. 

Tekstur, Perforna, dan Aroma:

Tekstur Mineral Botanica peel off mask ini kental tapi masih runny dan sama sekali tidak seperti cream. Yang jelas warnanya hitam atau abu-abu gelap karena mengandung bubuk charcoal. Selain itu, masker ini mempunyai aroma citrus yang seger, hampir mirip sama wangi sabun mandi. Awalnya saya pikir kalau baunya bakalan apek karena ada arang, eh tapi ternyata wanginya seger. 

Sebenarnya, masker ini sebaiknya digunakan untuk seluruh wajah. Tapi kalau saya biasanya cuma pakai di bagian hidung dan sekitarnya. Bukan karena saya terlalu ngirit atau gimana, tapi kalau seluruh wajah, waktu peeling off nya jadi sakit banget. Sesakit saat saya tahu kamu berbohong. Apalagi kalau wajah kamu tipe yang banyak rambut halus gitu, aje gile lah sakitnya.

Seperti foto di bawah ini penampakan masker sebelum dan sesudah pemakaian. Setelah dipakai akan seperti plastik yang tipis karena penggunaannya diratakan.

pretty-moody.blogspot.co.id
Review Mineral Botanica Charcoal Activated Masque
Untuk pemakaian seluruh wajah, manfaat melembabkan dan mengecilkan pori-pori akan lebih terasa. Kulit wajah akan terasa kenyal dan lembab gitu macam pantat bayi. Tapi sayangnya untuk claim mengangkat komedo tidak terlalu signifikan. Untuk komedo biasa yang wana putih itu memang kadang bisa ikutan kecabut, tapi kalau untuk blackhead atau komedo yang hitam menjijikkan itu, masih belum sukses. Mending pakai pore pack aja kali ya.

Baca juga: Review Pensil Alis Fanbo.

Tapi meskipun begitu, saya suka banget dengan masker ini karena juara untuk melembabkan dan cepat kering juga. Kalau kamu suka sensasi ngelentek-in, pasti juga suka banget sama masker jenis peel off ini.

Hal lain yang saya suka dari Mineral Botanica charcoal active mask ini adalah produknya not tested on animal alias tidak diujicobakan pada hewan.

Overall, saya suka dengan masker ini meskipun tidak ampuh menghilangkan blackhead, tapi efek melembabkan dan melembutkan terasa sekali. Untuk pemakaian seluruh wajah tetap harus hati-hati karena kalau pas rambut halus bisa sakit sekali waktu ditarik. Literary, sakit.

Oh iya, kalau kalian punya masker favorit jangan lupa share dikomentar ya. I would love to try your favorite as well

15 comments:

  1. Waaah udah dari lama aku penasaran banget sama charcoal mask-nya Mineral Botanica. Dan baru tau kalo dia peel off bukan wash off hahaha... Trims review-nya!


    www.zahrasalsa.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini emang peel off. Sakti banget emang mineral botanica. Makasih ya sudah berkunjung.

      Delete
  2. Aku kulitnya komedoan... tapi kering jadi ngga berani pakai peel off mask. Sekarang lagi pakai clay mask nya Loreal yang anti pores, kayanya fungsinya mirip-mirip ini ya tapi beda bahan aktif ;).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah aku juga penasaran sama clay mask pengen nyobain juga tapi masih galau mau yang mana.

      Delete
  3. Aku juga termasuk salah satu dari jutaan insan yang gemar pakai masker!

    Kalo pas di peel-off sakit biasanya kerasa lebih 'bersih' gitu, iya nggak sih haha. Oh ya masker kan peel-off punya bau alkohol yang nyengat banget, si MiCa ini nggak ada kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Icha, iya kalau peel off itu rasanya bersih seketika. Tapi Mica ini meskipun mengandung alkohol tapi baunya wangi banget. Malah alkoholnya enggak terdeteksi, kalah sama wanginya.

      Delete
  4. Sekarang Mineral Botanica macem - macem ya produknya tapi tetap aja belom pernah coba 😄, aku kira masker ini mud mask gitu ternyata peel of

    www.hdytlinna.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ini masker peel off aku malah belum pernah coba mud mask..

      Delete
  5. Wah baru tahu dia ada peel off mask yang charcoal.... tapi saya butuhnya buat blackhead. Kalo gitu pikir pikir lagi deh mau cobanyaaa *ehhh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau untuk blackhead memang kurang terlalu ampuh,,

      Delete
  6. Wah...udah lama banget mo nyobain masker ini tapi jujur baru tau kalo ini peel off aku kirain cream atau pasta gitu. Ini hampir sebelas dua belas sama maskernya Latulipe. Nice Review

    Coolatmoshpeer.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masker LaTulipe yang baru clay mask ya? Aku juga pengen coba ituh.

      Delete
  7. Nice info mba.
    Btw cm ralat aja.allantoin itu anti iritasi bukan tuk mencerahkan.
    Yg mencerahkan itu licorice extractnya mba.
    Kalo masker peel off pake alkohol mmg wajar ya krna kan efeknya harus cepet mengering.
    Aq sndri srg pake.sumpah komedoku keangkat semua.emg rada sakit c,tp jau lebih sakit facial krn sakit fisik n sakit dkantong.wkwkkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Noted. Makasih ya ralatnya. Emang perawatan itu enak dirumah ya, jauh lebih terjangkau.

      Delete
  8. kalau mau beli offlinenya dimana ya ? alfa/indo atau dimana ?

    ReplyDelete